Pasi Ter Kodim 1606 Mataram Lepas Peserta KOMCAD Matra Darat Korem 162/WB Menuju Rindam IX/Udayana

Lombok Barat, NTB – Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Komando Dsitrik Militer (Kodim) 1606 Mataram lepas Pemberangkatan Personil Peserta Komponen Cadangan (KOMCAD) Matra Darat Ta.2023 Komando Resor Militer (Korem) 162/WB munuju Rindam IX/Udayana melalui Pelabuhan ASDP Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (26/4/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar ±383 peserta dari gabungan Kodim 1606/Mataram, Kodim 1608/Dompu, Kodim 1620/Loteng, Kodim 1615/Lotim, Kodim 1628/KSB, Kodim 1608/Bima dan Kodim 1607/Sumbawa yang di bagi menjadi beberpa gelombang.

Komponen cadangan adalah sebuah pasukan cadangan atau sebuah organisasi paramiliter yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil. Komponen cadangan untuk melawan ketika suatu negara untuk memobilisasi perang total atau Dalam kegiatan KOMCAD Matra Darat tersebut, para peserta diberikan pelatihan mengenai taktik evakuasi korban, pengendalian kebakaran, dan pertolongan pertama pada kecelakaan. Selain itu, mereka juga diajarkan mengenai penanganan bahan kimia berbahaya dan teknik penanggulangan kerusuhan massa.

Pasi Ter Kodim 1606 Mataram, Kapten Inf Anak Agung Gede Rai Budiana Berpesan, “Calon KOMCAD dari Korem 162/WB harus tetap jaga kekompakan tunjukkan yang terbaik dan tetap semangat. kegiatan KOMCAD Matra Darat ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat,” ujarnya.

Ia menambahkan, “KOMCAD merupakan batu loncatan bagi masyarakat yang tidak bisa menjadi Anggota/personel TNI, namun masih bisa berjuang membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan berkarir melalui seleksi KOMCAD ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *